Tips Menjalin Persahabatan Yang BertahanLama

Tips Menjalin Persahabatan Yang BertahanLama


                                                   
                   Tips Menjalin Persahabatan yang Bertahan Lama

Manusia memang tidak dapat hidup sendiri, sudah kodratnya manusia saling membutuhkan dan bergantung pada orang lain, jadi tidak heran jika manusia hidup berdampingan dan bukan terdiri dari seorang individu saja. Dari konsep dasar manusia ini kita akan membahas tentang cara bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain agar awet dan bertahan lama dalam konteks persahabatan, karena sebagai seorang remaja kita pasti membutuhkan orang lain di luar komunitas keluarga, selain itu kita tidak dapat hidup selamanya bersama orangtua, pada akhirnya kita membutuhkan teman yang dapat membantu di kala kita membutuhkan bantuan selain dari pendamping hidup kita kelak.

Ada beberapa orang mengatakan “istilah sahabat sejati hanya ilusi semata, karena sejatinya seseorang menjalin persahabatan karena ada hasrat kebutuhan yang ingin dipenuhinya”. Pernyataan ini tidak sepenuhnya salah, karena kembali ke konsep dasar manusia, kalimat “ada hasrat kebutuhan yang ingin dipenuhinya”; pernyataan tersebut dapat dikatakan benar karena memang manusia saling membutuhkan satu sama lain, sebagai contoh kebutuhan untuk ditemani, diperhatikan, di dengarkan atau sekedar kebutuhan merasakan kehadiran orang lain meski tidak terjadi interaksi sama sekali.

Ada pula beberapa orang yang tidak setuju denga pernyataan “istilah sahabat sejati hanya ilusi semata” karena mereka mengalaminya sendiri bahwa istilah tersebut memang ada, mereka kemudian menyanggah orang yang berpendapat seperti itu adalah orang-orang yang mempunyai ego tinggi dan hanya ingin meraih keuntungan dari hubungan yang dijalin tanpa memperdulikan hubungan tersebut akan seperti apa kelak, berikut ini adalah beberapa tips menjalin hubungan persahabat yang bertahan lama :

1. Menjadi pendengar yang baik

Memang keterampilan mendengarkan sangat dibutuhkan untuk menjalin persahabat yang bertahan lama, ini dikarenakan jika sahabat kita curhat atau ingin berbagi perasaannya biasanya kita memberinya banyak saran atau bantuan solusi untuk memecahkan masalah, tapi terkadang kita malah asik menyampaikan pendapat kita sendiri padahal topik yang dibicarakan belum disampaikan secara tuntas atau baru sebagian saja, dan menjadikan teman yang sedang curhat tersebut malah menjadi bosan mendengarkannya.
Orang memang lebih suka berbicara daripada mendengarkan, tapi jika ingin menjadi teman yang baik mengapa tidak? sebenarnya jika kita ingin curhat terhadap orang lain itu tidak lebih hanya untuk berbagi saja, tidak untuk meminta bantuan menyelesaikan masalah kita secara tuntas kan? karena penyelesaian masalah yang baik itu datang dari diri kita sendiri, mungkin jika meminta saran saja sering kita lakukan, tapi jika saran itu terlalu panjang, kita pun akan bosan mendengarkannya. Jadi jika seorang teman datang untuk berbagi, dengarkanlah dia sampai perasaanya lega karena telah sedikit membuang bebannya dengan membicarakannya kepada kita, lalu jika dia meminta saran berilah saran secukupnya, tepat dan mengarahkan pemecahan yang membiarkan dia sendiri yang mengambil keputusan.

2. Tidak Egois dan Besar Kepala

siapa sih yang menyukai orang seperti itu? memang hubungan yang bertahan lama pasti didasarkan pada kebersamaan dan kekompakan yang tidak memaksakan kehendak diri sendiri, karena kita juga pasti punya keinginan untuk melakukan apa yang kita suka dan tidak terus menurut pada apa yang dihendaki orang lain. Contohnya, ketika kita akan makan siang bersama ada baiknya kita berunding terlebih dahulu akan makan dimana yang kiranya menu ditempat tersebut memenuhi keinginan masing-masing.

Mengenai besar kepala misalkan; ketika kita sedang bertukar pikiran atau memecahkan suatu masalah terkadang kita tidak nyaman jika orang yang kita ajak diskusi berbicara dengan gaya bahasa yang tinggi dan seolah dia lah yang mengerti dan tahu banyak mengenai masalah tersebut. Maka dari itu kita harus menjadi orang yang down to earth dan tidak lupa bahwa di atas langit masih ada langit, meski memang sebenarnya kita menguasai sekali materi itu tapi apa salahnya untuk tidak berbicara dengan gaya yang seperti itu, karena jika kita berbicara dengan orang seperti itu pun kita tidak akan nyaman.

3.Saling Mengerti dan Toleransi

Bukanlah persahabat yang sesungguhnya jika tidak ada rasa saling mengerti dan toleransi satu sama lain, karena mustahil persahabatan akan terjalin lama jika tidak ada poin tersebut. Sebagai manusia biasa wajar jika kita melakukan kesalahan, dari kesalahan tersebut juga kita tidak berhak menghakimi sesrorang begitu saja, pasti ada alasan mengapa dia sampai hati melakukannya.
Sebagai seorang sahabat yang sudah lama bersama kita pasti akan mengetahui karakter masing-masing, dan dari pengetahuan tadi kita pasti akan mengerti, mungkin karena sifat aslinya yang seperti itu atau sebagian dari kebiasaan buruknya.

Untuk memperbaikinya kita harus saling intropeksi agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Wajar yah jika kita memberikan banyak toleransi, karena dari kebersamaan yang terjalin lama akan menimbulkan rasa saling menyayangi, dan dari rasa sayang tersebut pasti pemberian toleransi pun akan lebih mudah, kesalahan yang terjadi pun akan terlupakan dengan sendirinya.

4. Terbuka dan Jujur

Fakta memang jika sahabat lebih banyak mengerti apa yang kita inginkan daripada orangtua atau pacar kita sendiri. Bukan hal yang baru jika orang tua atau pacar kita menanyakan pada sahabat kita dimana keberadaan dan apa yang sedang terjadi pada diri kita, karena itulah gunanya seorang sahabat; mendengarkan apa yang kita inginkan meski tidak dapat mengabulkannya. Persahabatan yang bertahan lama pasti akan tejalin dengan orang yang terbuka dan jujur menurut kita, karena percuma jika bersahabat tapi masih banyak kebohongan dan sesuatu yang ditutupi.

5. Saling Menghargai, Menghormati dan Mendukung

Dalam persahabatan hal ini memang mendukung agar hubungan persahabatan kalian terjalin lama. Wajar jika dalam persahabatan terdapat perbedaan gaya bahasa, gaya hidup, pakaian, hobby, agama, apapun itu bentuknya. Tetapi jika kita dapat saling mengerti dan menghormati perbedaan tersebut; itulah yang dinamakan sahabat. Apalagi jika dapat mendukung satu sama lain, pasti sahabat kita betah berteman dengan kita. Bukan berarti perbedaan itu menandakan kita tidak sehati, justru perbedaan itulah yang membuat persahabatan kalian menjadi lebih indah.

6. Setia Kawan dan Kebersamaan

Semua orang pasti menginginkan persahabatan seperti ini, bukan yang datang di saat butuh saja. Setia kawan disini menunjukan bentuk kualitas persahabatan kalian hingga terjalin kebersamaan. Sahabat pasti akan tetap menunggu dan tidak akan meninggalkan sahabatnya walau apa pun yang terjadi karena kebersamaan yang telah dijalin selama ini tidak akan mungkin ditinggalkan begitu saja, seperti saat kita terpaksa makan dipinggir jalan karena teman kita sudah kehabisan bekal, atau berjalan tanpa alas kaki karena sandal yang di pakai teman kita copot lalu berjalan pulang bersama dengan diperhatikan atau ditertawakan orang lain, tapi jika itu bersama sahabat kita hal memalukan tersebut menjadi indah kan?

6. Membangun Rasa Saling Percaya dan Mengandalkan

Tidak banyak orang yang suka berteman dengan orang yang harus serba sempurna, dan orang seperti itu jarang mempunyai teman banyak kan? itu lah sebabnya manusia hidup berdampingan agar mereka belajar mempercayai dan mengandalkan orang lain, bukan melakukan segala hal seorang diri sesuai kehendak diri kita sendiri, bukannya itu lebih melelahkan? meski kita ahli dalam satu bidang bukan berarti orang lain tidak bisa mengerjakan hal tersebut bukan?

Beberapa orang tidak suka diremehkan atau dianggap payah. Maka belajarlah membangun kepercayaan terhadap teman kita bahwa dia dapat diandalkan, agar sesuatu yang kita kerjakan pun bisa lebih cepat terselesaikan dan terasa lebih ringan, akan sangat menyenangkan jika kita bekerjasama dalam melakukan suatu hal dengan sahabat kita, bukan hanya dapat mempermudah tapi juga dapat dikenang.

Itulah tips menjalin persahabatan agar bertahan lama. Mungkin memang masih banyak lagi trik-triknya, tetapi tips diatas semoga sudah mewakili sebagian besarnya. Intinya dalam menjalin hubungan itu sangat penting mengenal satu sama lain dan dapat menyesuaikan diri bagaimana pun sifat orang tersebut. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba !

Komentar

Postingan Populer